Skip to main content

Harga Marmer, mengenal ukuran Marmer Slab, Strip dan Tiles

Harga marmer, mengenal ukuran marmer slab, strip dan tiles. Marmer alam yang dijual dipasar domestik maupun internasional terdiri dari beberapa bentuk produk komersil yaitu ukuran blok, ukuran slabs, ukuran strip dan ukuran standar tiles. Walaupun berbeda bentuk, jual marmer alam dijual dalam satuan harga  meter persegi, terkecuali harga marmer berbentuk blok dijual dalam satuan kubikasi (m3) atau tonase (ton). Jadi secara komersil marmer dijual dalam bentuk :

  • Marmer blok
  • Marmer Slabs
  • Marmer Strip
  • Marmer Standar Tiles


Marmer blok

Mengingat investasi sektor pertambangan marmer sangat besar, maka secara teori marmer yang diekplorasi harus memiliki potensi volume dalam jumlah besar pula, sehingga potensi keuntungan dapat diraih. Produk komersil yang dihasilkan dari pertambangan marmer adalah batuan marmer blok. Bentuk marmer blok yang baik dinilai dari : bentuk, ukuran, warna dan pattern, sehingga untuk menghasilkan batu marmer blok yang baik memerlukan pengetahuan karakter alam dari batu, baik warna, pattern, arah urat dan karakter alam lainnya, sebagai referensi pemotongan marmer blok.

Karena sudah berbentuk produk komersil maka ukuran batu marmer blok harus disesuaikan dengan :

  • Teknik mobilisasi produk, hal ini berhubungan dengan proses loading, unloading dan dan sistem shipping,  maka ukuran marmer blok harus menyesuaikan dengan jenis moda transportasi apa yang akan dipakai. Perlu diketahui bahwa berat satu marmer blok bisa mencapai 25 ton, artinya harus disiapkan alat pengangkut dengan kapasitas tersebut, dan ukuran marmer blok yang harus disesuaikan dengan ukuran kontainer
Ukuran Standar Container
Ukuran Standar Container


contoh blok marmer
Contoh Blok Marmer

  • Teknik pengolahan produk lanjutan, artinya bentuk dan ukuran marmer blok harus disesuaikan dengan kemampuna mesin yang ada.
Mesin - mesin pengolah marmer seperti 
  • Mesin Gangsaw 
  • Mesin Single Wire Cutting
  • Mesin Poles
  • Mesin Cutting
  • Mesin Blok Cutting
  • Mesin Sand Blasting
  • Mesin Waterjet
  • Mesin Flamming
Harga Marmer blok dijual dipasar export - import ke berbagai negara sebagai komoditi bahan baku marmer. Perusahaan pertambangan marmer akan menjual marmer blok kepada pelaku industri pengolahan marmer sebagai konsumen utama. Beberapa perusahaan besar biasanya memiliki pertambangan dan pabrik pengolahan marmer.

Marmer slabs

Bentuk produk turunan dari marmer blok adalah marmer slabs. Proses pemotongan blok menggunakan mesin gangsawing. Dari proses gangsawing ini akan menghasilkan lembaran marmer slabs dengan berbagai variasi ukuran tebal. Pengaturan ketebalan marmer slabs ditentukan berdasarkan pesanan. Ketebalan komersil dari marmer slabs berkisar 1.5 cm hingga 2 cm. Kenapa ketebalan marmer bisa bervariasi? jawabannya tentu tergantung pada aplikasi, karakteristik material hingga unsur kekuatan marmer dan tujuan desain engineering lainnya. Semakin tebal tentu harga marmer per m2  akan semakin mahaldan akan meningkatkan karakteristik material yang baik hingga kekuatan struktur marmer, tetapi disisi lain, marmer akan menjadi lebih berat.

contoh marmer ukuran slabs
Contoh Marmer Ukuran Slabs
Ukuran marmer slabs sangat unik dan bervariasi untuk tujuan pemasangan yang lebih spesifik sesuai kebutuhan desain. Karena ukuran marmer slabs sangat khusus menjadikan harga marmer slabs sangat mahal. Harga marmer lokal slabs dengan kualitas baik berkisar Rp.400,000 hingga 1,500,000 per meter perseginya.

Marmer strip

Marmer strip adalah ukuran dasar material marmer, merupakan bentuk turunan kedua dari proses gangsawing batu blok, sama halnya dengan ukuran marmer slabs, ukuran marmer strip memiliki ketebalan 1,5 hingga 2 cm dengan

  • Marmer strip ukuran 60 cm x panjang.
  • Marmer strip ukuran 40 cm x panjang


Contoh Ukuran Marmer Strip
Contoh Ukuran Marmer Strip
Keuntungan dari marmer strip adalah kemudahan dalam proses shipping dan memudahkan dalam proses pengolahan lanjutan dan proses pemasangan marmer.
Harga marmer strip dijual salam satuan m2, harga marmer strip biasanya lebih rendah dibandingkan dengan marmer slabs

Marmer standar tiles

Marmer standar tiles adalah marmer yang dibentuk dengan ukuram yang seragam, memiliki ketebalan berkisar 1,5 hingga 2 cm dengan ukuran standar sebagai berikut :
  • marmer standar tiles 30 x 30 cm
  • marmer standar tiles 40 x 40 cm
  • marmer standar tiles 60 x 60 cm
Jenis marmer ukuran standar tiles memiliki ukuran seragam sehingga akan memudahkan dalam hal shipping dan pemasangan. Dalam prosesnya marmer standar tiles berasal dari ukuran slab yang kemudian dipotong sesuai ukuran standar tiles. Harga marmer standar tiles dengan kualitas terbaik masih lebih rendah harganya dibandingkan dengan harga marmer slabs atau marmer strip.

Harga-harga marmer tetap mengacu pada kualitas, semakin baik tentu semakin mahal harganya. Kriteria marmer yang baik dapat dilihat secara fisik dari  :
  • Warna marmer yang konsisten
  • Pola atau pattern marmer dengan keserasian yang tinggi
  • Type finishing permukaan yang baik
  • Cara memasang marmer yang baik akan menyempurnakan kualitas marmer yang sesungguhnya.
Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Supplier Granit Alam Di Jakarta, Bogor, Jakarta, Bandung, Bekasi dan Tangerang

Supplier Granit Alam Supplier Granit Alam di Jakarta, Bogor, Bandung, Bekasi dan Tangerang. Gampang-gampang susah mencari supplier granit alam yang benar-benar berkualitas dan professsional, tetapi jika anda jeli dalam mencari supplier granit alam yang benar-benar berkualitas anda bisa mendapatkannya dengan harga granit alam per m2 yang relatif murah. Anda paham betul bahwa sekarang ini produk granit alam sudah mengalami perubahan informasi mendasar tentang kriteria granit alam. Keunggulan material granit yang sangat terkenal kuat, keras dan tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim, menjadikannya banyak ditiru oleh produk-produk buatan baik produk lokla maupun produk yang diimport langsung, sebagai granit tiles. Granit Alam  dan ciri-cirinya Ciri-ciri fisik granit alam dapat diidentifikasi dari ukuran, warna, pola urat atau pattern sebagai berikut : Identifikasi ukuran  Granit alam memiliki tebal 1.5 hingga 2 cm Granit alam ukuran slab 200 x 300 cm Granit alam ukuran

Daftar Supplier Marmer Dan Granit Alam Terbaik Di Jakarta

Supplier Marmer Daftar Supplier Marmer dan Granit terbaik di Jakarta 1. Emporium Marmer Granit Mengutip slogan Marmer Granit Spesialist, Emporium Marmer menjadi salah satu leader supplier marmer dan granit alam terbaik dan terlengkap di Jakarta. Koleksi marmer, gramit alam, travertine, onyx dan artificial stone sangat banyak dan variatif dengan range harga marmer yang sangat kompetitif. Emporium Marmer Granit Jl. Raya Karanggan No. 174 Karanggan - Gunung Putri Bogor 16960 Telp. : 0812 904 6667 Email : emporium.tari@gmail.com Contact Person : Fathiah Utari Untuk menuntun anda menuju lokasi gudang lihat arah lokasi lihat peta berikut : Anda dari arah Jakarta masuk Tol Jagorawi - Exit GT KARANGGAN GUNUNG PUTRI, ambil arag Karanggan. Setelah bayar tol ketemu pertigaan anda belok ke arah kanan. Dari pertigaan kurang lebih 1 km. Posisi Gudang ada di sebelah kanan anda. Katagori periusahaan : menjual material pemasangan  Marmer Import Marmer dikatagorikan seb